Cari Blog Ini

Selasa, 04 Juni 2013

NEGARA-NEGARA DIKAWASAN ASIA TENGGARA



1.MALAYSIA
Bentuk pemerintahan;kerajaan
Kepala Negara;sultan yang dipertuan agung
Kepala pemerintahan;perdana mentri
Ibu kota;kuala lumpur
Lagu kebangsaan ;Negaraku
Kenampaakan alam
Malaysia terletak diantar 1º LU-7ºLU dan 100ºBT-119ºBT dengan luas wilayah 330.300km² dan beriklim tropis.gunung yang tertinggi di Malaysia adalah puncak gunung kinabalu (4.175m)dan sungai terpanjang adalah sungai Rajang disarawak(563m).
Keadaan social
Malaysia terdiri dari berbagai macam agama yaitu etnis melayu yang dominan dan ada seperti cina india dan eropa.dengan jumlah penduduk 26.127 juta jiwa.malaysia menggunakan bahasa melayu dominan dan bahasa lain seperti bahasa inggris,eropa,china,tamil.dan yang beragama islam(resmi),dan budha,hindu Kristen konghucu.
Keadaan ekonomi
Malaysia sebagian wilayahnya penduduknya bermata pencaharian agraris(petani)mata uang Malaysia adalah ringgit Malaysia dengan hasil pertaniankaret klapa sawit,beras kayu dan hasil tambang timah,besi minyak,bauksit.Hasil industri elektronik ,tekstil,pakaian ,kimia.dan pendapatan perkapita US$ 4960.
2.THAILAND
Bentuk pemerintahan;kerajaan
Kepala Negara;raja
Kepala pemerintahan;perdana mentriIbukota;Bangkok
Lagu kebangsaan;pleng chard
Kenampakan alam
Thailand memiliki bentuk permukaan bumi beragam.dengan letak astronomis 5ºLU-21LU dan 97º BT-106º BT dengan luas wilayah 513.998.iklim tropis dan puncak tertinggi adalah doi inthanon(2.576) dan sungai terbesar adalah sungai Mekong.
Keadaan sosial
Suku terbesar di Thailand adalah suku thai.diikuti dengan tionghoa melayu khemer sebagian penduduknya beragama budha(RESMI)dan islam.dengan bahasa nya adalah thai(RESMI),inggris,cina.
Keadaan ekonomi
Mata pencaharian penduduk Thailand adalah sebagian besar adalah bertani.yaitu dengan hasil pertanian seperti beras,karet,jagung,tapioca,gula,rami,kelapa.Hasil tambang utama Thailand adalah timah,besi manggan.Hasil industrynya tekstil,computer dan komponennya.thailand bermata uang bath.dan pendapatan perkapitanya adalah US$ 2750
3. PHILIFINA
Bentuk pemerintahan;republic
Kepala negar;presiden
Kepala pemerintahan;presiden
Ibu kota;manila
Lagu kebangsaan;tiera adorado
Kenampakan alam
Filifina merupakan Negara kepulauan,jumlah pulaunya kurang lebih 7.100pulau.Dengan letak astronomisnya adalah 5 LU -21 LU dan 117 BT -126BT.Dengan luas wilayah 300.324 dan beriklim tropis dan kenampakan tertingginya adalah gunung apo.
Keadaan social
Suku terbesar di filifina adalah suku filifino(RESMI)tionghoa eropa As,dengan jumlah penduduk 85,2369 juta dengan bahasa yang digunakan adalah bahasa tagalok (RESMI)inggris dan spanyol.
Keadaan ekonomi
Sebagaian besar penduduk filifina adalah petani,dengan hasil utama yaitu padi dan kelapa dan hasil tambang nyan adalah kobal,tembaga emas nikel.dengan mata uang Peso dan hasil industrinya adalah bahan bangunan,tekstil,elktronik mebel motor dan komponennya .Pendapatan perkapita filifina adalahUS$ 1300.
4. SINGAPURA
Bentuk pemerintahan;republic
Kepala Negara;presiden
Kepala pemerintahan;perdana mentri
Ibukota;singapura
Lagu kebangsaan;majulah singapura
Mata uang;dolar singapura
Kenampakan alam
Singapura adalah Negara kepulauan yang luasnya 697.1.Luasnya hampir sama dengan kota Jakarta yaitu 664.letak astronimsnya adalah 1 15’LU-1 26’LU dan 103BT-104 BT.dengan iklim tropis dan gunung tertinggi adalah bukit timah.
Keadaan social
Singapura adalah salah satu Negara yang paling padat didunia.lahan lahan untuk pemukiman sudah sempit.Mayoritas penduduk singapura adalah suku china.sementara penduduk asli nya  adalah suku melayu.(RESMI)dan india Pakistan.dan jumlah penduduk nya adalah 4,198 juta jiwa dan agama budha,Kristen,islam,tao,dan hindu.
Keadaan ekonomi
Singapura adalah Negara yang penduduknya berpenghasilan tinggi yaitu US$ 24.740.hasil industrinya adalah elektronik,kimia,keuangan.dll.hasil tambang tidak ada karena singapura tidak memiliki hasil tambang yg berarti.
5.MYANMAR
Ibukota : Naypyidaw
Luas : 678,500 km2
Sistem Pemerintahan : Junta Militer
Kepala Pemerintahan : Presiden
Bahasa  : Myanmar
Mata uang : Kyat
Letak Astronomis ;11’ LU – 28’ LU dan 92’ BT – 101’ BT.
Letak Geografis
Sebelah utara : Cina (RRC).                                                                             
Sebelah selatan : Laut Andaman.                                                                             Sebelah timur : Laos dan Thailand.                                                                    
Sebelah barat: Teluk Benggala dan India.
Keadaan Alam            :
       Myanmar membentang dari utara ke selatan. Wilayah tersebut terbagi menjadi empat wilayah, yaitu pegunungan utara, pegunungan barat, wilayah   datara.rendah, dan plato. Wilayah utara relatif sempit, lalu makin meluas di bagian tengah, dan menyempit lagi di selatan.Beriklim tropis.
Keadaan ekonomi
      Myanmar adalah Negara agraris.Pada masa lalu, Myanmar merupakan negara penghasil beras utama di wilayah Asia Tenggara, namun saat ini seiring dengan kemajuan pertanian di berbagai negara, Myanmar menempati urutan keenam sebagai negara penghasil beras di Asia Tenggara.Pendapatan per kapita  : US$1.364.
6.KAMBOJA
Nama resmi                         : Kingdom of Cambodia
Ibukota                                 : Phnom Penh
Luas                                     : 181.035 sq km
Sistem Pemerintahan        :  Kerajaan Konstitusional
Kepala Pemerintahan         : Perdana Menteri
Bahasa Resmi                       : Khmer
Mata uang                             : Riel
Letak Astronomis                : 10 LU – 14 LU, 102 BT – 108 BT
Letak Geografis
Sebelah Utara                      : Thailand, Laos
Sebelah Selatan                   : Teluk Thailand
Sebelah Barat                       : Thailand
Sebelah Timur                     : Vietnam
       Iklim tropis. Suhu harian rata-rata juga naik dan turun dengan musim dingin dan musim panas, tetapi tidak tepat pada waktunya dengan musim hujan dan kering, efektif menciptakan empat musim tahunan di Kamboja.
       Kegiatan Perekonomian Kondisi tanahnya yang subur menjadikan Kamboja sebagai salah satu penghasil beras terbesar di AseanPendapatan per kapita  : $2.189
7.LAOS
Ibukota                                 :  Vientiane
Luas                                        : ± 236.800 km²
Sistem Pemerintahan        : Republik Partai Satu
Kepala Pemerintahan      : Presiden
Bahasa Resmi                      : Laos (bahasa resmi), Palaungwa, dan Tai
Mata uang                          : Kip
Letak Astronomis                : 14 LU – 22 LU dan 100 BT – 107 BT
Letak Geografis
Sebelah Barat                     :  Myanmar  Thailand                                              
Sebelahtimur                      : Vietnam                                                             
Sebelah utara                     : Republik Rakyat Cina                                          
 Sebelah selatan                 : Kamboja
Keadaan Alam  : Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah perairan laut. Mempunyai lembah sungai yang subur sehingga banyak menghasilkan tanaman pertanian dan perkebunan, terutama padi, kopi, dan tembakau. Memiliki sumber-sumber tambang mineral, seperti timah, tembaga, emas, dan perak. Iklim Tropis dengan dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Suhu rata-rata di Laos adalah 26,5 ° C (80 ° F). 
      Kelembaban relatif rata-rata tahunan 78,5% dan rata-rata bulanan berkisar kelembaban relatif dari 69% pada bulan Maret dan April hingga 87% pada bulan Agustus.Kegiatan Perekonomian : Pertanian masih memengaruhi setengah dari pendapatan nasional dan menyerap 80% dari tenaga kerja yang ada. Ekonomi Laos menerima bantuan dari IMF dan sumber internasional lain serta dari investasi asing baru dalam bidang pemrosesan makanan dan pertambangan, khususnya tembaga dan emas.Pendapatan per kapita  : US$1.921
8.TIMOR LESTE
Ibukota      ;Dili
Luas                                    : 15.007km2
Sistem Pemerintahan         : republik
Kepala Pemerintahan         : Perdana Meneteri
Bahasa Resmi                    : tetun,portugis,inggris,indonesia
Mata uang                          : dolar amerika
Keadaan Alam
        Wilayahnya relatif subur karena banyak terdapat gunung api dan lembah-lembah sungai. Kaya akan hasil pertanian, perkebunan, dan hasil-hasil hutan, seperti padi, jagung, tebu, umbi-umbian, buah-buahan tropis, karet, cengkih, kopra, dan berbagai jenis kayu (terutama kayu jati dan kayu besi) beiklim tropis dengan suhu dan kelmbaban tinggi dan didominasi oleh angin muson.Kegiatan Perekonomian
       Komoditas ekspor Thailand terdiri atas hasil pertanian dan industri. Berbagai barang komoditas ekspor Thailand, yaitu beras, tepung tapioka, karet, kayu, berbagai jenis ikan laut, tembaga, dan timah. Saat ini, Thailand mulai mengekspor hasil industri elektronik dan otomotif.Pendapatan per kapitaUS$8.300Komoditaspertanian (beras, tepung tapioka, karet, kayu),perikanan (ikan laut), pertambangan (tembaga, timah)
9.VIETNAM
Ibukota                        : Hanoi
Luas                            : 331,689 km2
Sistem Pemerintahan     : Republik Sosialis
Kepala Pemerintahan     : Perdana Menteri
Bahasa Resmi                : Vietnam
Mata uang                          : Dong
Letak Astronomis                : 9 LU – 23 LU dan 102 BT- 110 BT
Letak Geografis
Sebelah utara                     :  Republik Rakyat Cina
Sebelah barat                    : Laos Kamboja,
Sebelah timur                      : laut China selatan
Keadaan Alam Banyaknya gunung api dan lembah sungai menyebabkan kondisi tanahnya sangat subur sehigga sangat menunjang kegiatan di sektor agraris. Vietnam memiliki iklim (hujan lebat) tropis, dengan kelembaban rata-rata 84% sepanjang tahun.
Kegiatan Perekonomian : Vietnam secara umum masih tergolong negara miskin. Sekarang adalah produsen kacang cashew terbesar dengan pangsa 1/3 dari kebutuhan dunia dan eksportir beras kedua terbesar di dunia setelah Thailand
Pendapatan per kapita  : US$3.025
    Komoditas ekspor utama Vietnam masih didominasi oleh pertanian, perkebunan, dan hasil tambang yang meliputi beras, karet, kopra, aneka kayu, minyak bumi, dan bijih besi. Sedangkan impor utama adalah bahan bakar, besi, baja, pupuk, obat-obatan, dan bahan kimia.
10.BRUNEY DARUSSALAM
Nama resmi                         : Negara Brunei Darussalam ( yang berarti Negara Brunei yang penuh kedamaian )
Ibukota                                 : Bandar Seri Begawan
Luas                                        : 5.765km2
Sistem Pemerintahan        : Kesultanan Konstitusional
Kepala Pemerintahan      : Sultan
Bahasa Resmi                      : Bahasa Melayu dan Inggris
Mata uang                          : Dollar Brunei ( B$)
Letak Astronomis                : 4 LU – 5 LU, 114 BT – 115,5 BT
Letak Geografis
Utara                                      : Laut Cina Selatan
Selatan                                    : Malaysia
Barat                                       : Malaysia
Timur                                      : Malaysia
        Keadaan Alam  Negara Vietnam yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan di sebelah Timur dengan bentuk wilayah memanjang dari Utara ke Selatan menjadikan negara ini memiliki garis pantai yang cukup panjang.Vietnam beriklim tropis.
      Kegiatan ekonomiEkspor Utama minyak mentah, gas alam, refined products.Pendapatan per kapita $51,000 Industri utama : perminyakan , pengilangan minyak, gas alam cair, konstruksi .
11 INDONESIA
Bentuk pemerintahan;republic
Kepala Negara;presiden
Kepala pemerintahan;mentri
Ibukota;Jakarta
Lagu kebangsaan;Indonesia raya
Kenampakan alam
       Indonesia merupakan Negara kpepulauan terbesar didunia dengan jumlah 17,508 pulau.indonesia terletak diantara 6ºLU-11ºLS dan 95ºBT-141ºBT.dengan luas wilayahnya 5.193.252km² dan jumlah penduduk 203.456.005 jiwa..beriklim tropis.puncak tertinggi adalah puncak jayapura.
Keadaan social
       Indonesia sebagian besar beragama islam,dan sisanya Kristen hindu dan budha,dan suku nya adalah jawa,batak,Madura,dayak,aceh,minang,dll.dengan menggunakan bahasa Indonesia.
Keadaan ekonomi
       Indonesia masih dikuasai oleh perusahsahaan asing bermata uang rupiah,membuat Indonesia menjadi Negara berkembang,dengan hasil pertanian beras dan hasil tambang minyak bumi,gas alam,emas,perak timah,dll

2 komentar:

  1. Assalamualaikum, luar biasa ananda mengerjakan tugas ini. Sukses yach

    BalasHapus
  2. selandia baru ??? mana, tugas nihhh, belum jadi jadi

    BalasHapus