Cari Blog Ini

Selasa, 04 Juni 2013

Keamanan dan pengolahan Komputer



Berbagi itu Indah
“Keamanan komputer, sofware dan peran terhadap pengolahan komputer “

Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Ada dua macam, mempercepat kinerja komputer dengan bantuan software dan mempercepat komputer dengan cara manual. Dari kedua macam cara tersebut, cara pertama relatif lebih aman dilakukan dan tentunya lebih mudah karena anda cukup klik, maka software akan melakukan tugasnya. Cara untuk mempercepat komputer yang kedua (manual) memiliki resiko yang lebih besar.
Kedua macam cara mempercepat komputer di atas, semua beresiko yang bisa mengakibatkan kegegalan booting atau hanya sekedar tidak bisa melakukan beberapa service yang sebelumnya bisa dijalankan secara lancar.
                    7 cara mempercepat komputer dengan metode manual.

1. Sesuaikan Hardware Dengan Kebutuhan Anda 
Komponen terpenting dalam sebuah komputer adalah hardware. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal menjalankan software terbaru jika hardware dalam komputer anda misal hanya Pentium III. Jadi, sesuaikan hardware anda dengan kebutuhan anda supaya dapat mempercepat komputer anda.
  
2. Gunakan Antivirus Terbaik Untuk Scanning Komputer dari Virus, Spyware dan Adware 
Antivirus menjadi salah satu software yang wajib ada dikomputer anda. Dengan menggunakan anti virus terbaik, komputer anda akan terlindungi dari serangan Virus, Spyware dan Adware yang akan membuat sistem anda terasa lebih berat karena virus biasanya akan melakukan proses di belakang layar (background).

3. Lakukan Disk Defragment Secara Berkala 
Defragment merupakan proses menata file yang awalnya berantakan menjadi tersusun rapi sedemikian rupa yang akan mempermudah sistem dalam menemukan file yang ia butuhkan. Dengan tertatanya file system windows anda, secara otomatis komputer akan berjalan lebih cepat (mempercepat komputer).

4. Scan System File Windows untuk mengecek kerusakan file systemnya 
Sebuah sistem operasi adalah kumpulan file yang melakukan fungsi yang berbeda. Hal ini dimungkinkan, dari waktu ke waktu, bahwa satu atau lebih file-file sistem telah berubah atau menjadi rusak. Jika hal ini terjadi, kecepatan sistem Anda bisa berkurang. Dengan menggunakan utilitas yang disebut ” System File Checking”, dia akan memeriksa file-file dengan benar masalah bisa ditemukan.
5. Kurangi Startup 
Program yang berjalan secara otomatis saat booting atau startup akan memperlambat proses booting. Jadi, akan lebih arif jika anda membuang minimal mengurangi software list yang berjalan secara otomatis pada saat startup.Untuk membuang beberapa software list pada startup caranya: Klik Start > Run > Ketik “msconfig” tanpa tanda kutip > Enter > Pilih Tab Startup > uncheck software yang hendak anda buang dari proses booting.
6. Uninstall Software Komputer Yang Sudah Tidak Anda Gunakan / Perlukan
 Seiring waktu, mungkin anda telah menginstal berbagai macam software ke dalam system komputer anda. Selain akan membuat hard disk anda penuh, tentu saja akan berimbas juga ke system karena harus membaca ribuan file bahkan jutaan.
7. Atur Efek Visual ke posisi Best Performance
 Windows menyediakan beberapa efek visual yang menarik termasuk jendela animasi dan menu memudar. Jika Anda tidak memiliki cukup memori operasi (lihat nomor 1 di atas), efek ini dapat memperlambat komputer Anda. Menyesuaikan atau mengurangi efek visual dapat membuat perbedaan. Untuk mempercepat Vista di komputer tertentu Anda dapat menonaktifkan fitur dan fungsi yang tidak digunakan. Untuk informasi lebih lanjut, baca “Bagaimana mempercepat Windows Vista.

Kelebihan Dan Kelemahan Komputer
 Komputer memiliki kelebihan dan kelemahan antara lain yaitu : 
 Kelebihan Komputer
  • Komputer dapat memilih dan melakukan klafikasi yang tinggi (Accuracy)
  • Komputer mampu menyimpan dan mengolah data dan jumlah besar (Capasity)
  • Komputer mampu melakukan perhitungan-perhitungan dalam mengolah data dengan kecepatan tinggi
  • Komputer dapat melakukan pekerjaan berdasarkan kondisi yang kita inginkan
  • Komputer memiliki daya ingat yang tinggi
  • Komputer dapat menghasilkan informasi
  • Komputer dapat di pergunakan untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain
Kekurangan Komputer
  • Komputer tidak dapat beroperasi tanpa intruksi
  • Kmputer tidak dapat berperasi tanpa adanya PEMAKAI/USER
Pengertian Sofware Dan Jenis Jenis Sofware
Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Untuk mempermudah penyajian informasi, diperlukan software khusus untuk mendukung pelayanan perpustakaan. Ada beberapa jenis software yaitu :
1. Perangkat Lunak Sistem
a. Sistem Operasi
Sistem Operasi atau Operating System adalah perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi.
b. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah instruksi dan aturan-aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk dapat melaksanakan tugas.
c. Program Utility
Program Utility adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer.
Selain perangkat lunak sistem, komputer membutuhkan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu manusia menyelesaikan pekerjaan pada bidang tertentu.
Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah presentasi. Microsoft PowePoint yang berguna untuk membuat slide-slide presentasi. Ada pula Microsoft Word yang digunakan untuk mengolah kata, sedangkan Microsoft Excel digunakan untuk mengolah tabel, angka, perhitungan-perhitungan baik matematik maupun statistik.
 2. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (application programm) merupakan program khusus yang digunakan untuk aplikasi bidang tertentu. Program ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan khusus. Banyak program aplikasi yang sudah beredar antara lain contohnya sebagai berikut :
a. Program apalikasi pengolah kata
Program aplikasi pengolah kata digunakan untuk pengolahan naskah-naskah, seperti surat menyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi, dan lainnya. Beberapa contoh program pengolah kata : Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, Chi Writer, dan lain-lain.
b. Program aplikasi pengolah angka
Perangkat lunak atau program aplikasi pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan pengolahan berbagai data kuantitatif (angka) yang relatif cepat dan akurat. Dengan pengolah angka, user dapat menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk tabel maupun grafik. Beberapa contohnya antara lain : OpenOffice.Org Cal, Microsoft Excel, Lotus 123, dan lainya.
c. Program aplikasi pengolah Presentasi
Program aplikasi pengolah presentasi adalah program aplikasi untuk merancang slide yang biasa digunakan untuk presentasi dalam suatu pertemuan. Hasil perancangan Beberapa contohnya antara lain : Microsoft Power Point, Open Office Impress, Macromedia Authorware dll.
d. Program aplikasi pengolah data
Perangkat lunak ini berfungsi mengelola data yang besar. Dengan program pengolah data ini kita dapat secara cepat dan akurat memasukkan dan menyunting data, menyeleksi data dengan kriteria tertentu, membuat laporan data dengan kriteria tertentu dan lain-lain.
Hasil penyimpanan dari program ini biasa di sebut basis data atau database, yang biasanya digunakan untuk pengolahan data instansi-instansi atau perusahaan. Contohnya : Microsoft Access, DBase, Foxpro, MySql, SqlServer dan lainnya.
e. Program Aplikasi pengolah grafis
Program aplikasi pengolah grafis seperti namanya diperuntukan untuk membuat dan mengolah gambar. Program ini cocok untuk desain, periklanan dan percetakan. Contohna : Corel Draw, Photoshop, Freehand dan lain-lain.
f. Program aplikasi Multimedia
Seperti namanya program ini berfungsi untuk mengolah multimedia seperti audio maupun video. contoh : Winamp, WIndows Media Player, FLV Player dan lain-lain.

Peran Komputer Dan Sofware Terhadap Pengolahan Perpustakaan
Komputer dan sofware diperlukan untuk menerima dan mengolah data menjadi informasi secara cepat dan tepat. Perangkat computer dan sofware  ini akan digunakan untuk menyimpan data koleksi buku, data anggota perpustakaan, dan OPAC (Online Public Accses Catalogue). Dengan OPAC, para pelangga perpustakaan bisa mencari informasi koleksi buku yang mereka butuhkan tanpa harus mencari secara langsung. Komputer itu juga bisa dikoneksikan ke internet Dalam suatu perpustakaan, katalog merupakan salah satu alat untuk menemukan kembali koleksi pustaka.
 Menurut Sulistyo-Basuki (1991), katalog perpustakaan adalah daftar buku atau koleksi pustaka dalam suatu perpustakaan atau dalam suatu koleksi. Oleh karena itu, keberadaan katalog sangat penting untuk memudahkan penelusuran informasi. Katalog merupakan keterangan singkat atau wakil dari suatu dokumen, demikian pula katalog elektronis dari sistem perpustakaan yang terautomasi. Subsistem menyediakan layanan automasi. Sistem katalog yang dirancang dengan baik merupakan kunci keberhasilan penerapan automasi perpustakaan.
Katalog on-line atau OPAC merupakan sistem katalog perpustakaan yang menggunakan computer dan sofware. Sebelum teknologi informasi masuk dalam dunia perpustakaan, katalog yang dikenal hanya dalam bentuk kartu atau lembaran kertas. Sekarang katalog tidak saja dibuat dalam bentuk kartu, tetapi juga dalam bentuk digital. Katalog dalam bentuk digital biasanya disimpan dalam hard disk komputer atau media penyimpanan lainnya, seperti disket, CD-ROM, dan DVD.
OPAC bekerja berdasarkan konsep jaringan, baik berupa LAN maupun WAN. LAN digunakan untuk keperluan hubungan kerja dalam satu ruangan atau bangunan, sedangkan WAN untuk keperluan kerja dalam lingkup yang lebih luas, yaitu antarwilayah misalnya menggunakan internet.
Keuntungan lain dari OPAC dalam bentuk WAN adalah pengguna dapat mengetahui ketersediaan materi informasi yang dicari tanpa harus datang langsung ke perpustakaan, sedangkan permintaan bahan pustakanya dapat dilakukan melalui sarana komunikasi lain. Dengan demikian, pengguna dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga untuk memperoleh koleksi pustaka yang diperlukan.
Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan OPAC adalah: (1) pengguna dapat mengakses secara langsung ke dalam pangkalan data yang dimiliki perpustakaan, (2) mengurangi beban biaya dan waktu yang diperlukan dan yang harus dikeluarkan oleh pengguna dalam mencari informasi, (3) mengurangi beban pekerjaan dalam pengelolaan pangkalan data sehingga dapat meningkatkan efisiensi tenaga kerja, (4) mempercepat pencarian informasi, dan (5) dapat melayani kebutuhan informasi masyarakat dalam jangkauan yang luas.
         Menurut Christie (1986), penggunaan jaringan dalam OPAC dapat memberikan beberapa keuntungan, yaitu penelusuran katalog menjadi lebih cepat sehingga waktu untuk penemuan kembali bahan pustaka yang dicari lebih efisien, serta pengguna dapat langsung mengakses koleksi data, melakukan download data bibliografis, abstrak, artikel lengkap, dan informasi lain yang tersedia.

Kesimpulan
Dari paparan pembahasan diatas maka dapat di tarik beberapa kesimpulan:
  1. Terdapat 3 perangkat TI secara umum yang dapat di pergunakan dalam pengelolaan perpustakaan antara lain yaitu: Internet, Software, dan Komputer
  2. Terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan komputer
Saran
Proses pembangunan sistem otomasi perpustakaan memang tidak mudah dan harus dilakukan dengan perhitungan yang cermat dan hati-hati karena merupakan investasi jangka panjang dan memakan biaya yang tidak sedikit. Maka pnyusun menyarankan apabila otomasi perpustakaan sudah berjalan, maka bagi pustakawannya harus lebih mengenalkan kepada pemustakanya, dan akan banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh stakeholders perpustakaan yaitu pemustaka, staf perpustakaan dan pimpinan.


DAFTAR PUSTAKA



            http://duniaperpustakaan.com/perkembangan-teknologi-dan-perpustakaan-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar