Cari Blog Ini

Selasa, 02 September 2014


Kurma,Buah Sejuta Khasiat
Asal usul buah kurma
Asal usul kejadian pokok kurma adalah lebihan tanah yang Allah SWT ciptakan Nabi Adam a.s. Pokok kurma betina tumbuh pada zaman Siti Maryam selepas melahirkan anaknya Nabi Isa a.s. Siti Maryam telah diminta oleh Allah untuk menggoncangkan pohon kurma yang tumbuh di tempat melahirkan anaknya lalu gugurlah buah kurma masak dan dimakan oleh Siti Maryam. Kisah ini terkandung dalam surah Maryam ayat 25. Allah berfirman yang maksudnya, "Dan goyangkanlah pangkal pokok kurma itu ke arahmu, nescaya pohon itu akan menggugurkan buah yang masak kepadamu, maka makan serta minumlah dan bersenanglah kamu."
Itulah kali pertama buah kurma menjadi ubat berkhasiat kepada manusia. Siti Maryam mendapat tenaga serta mengubati dirinya dengan khasiat kurma selepas lemah melahirkan Nabi Isa a.s tanpa menggunakan herba yang lain,Rasulullah saw dan nabi-nabi terdahulu amat menyayangi pokok kurma kerana ia dikatakan buah yang serasi dengan tumbuh badan manusia. Buah itu juga tidak berbau busuk karena Allah SWT ingin memelihara kesuciannya di samping memudahkannya ditanam dalam keadaan cuaca panas kering melebihi 55 darjah celcius. Bahkan sepanjang buah kurma berada di atas pokok tidak ada seekor binatang atau burung yang mematuk atau merosakkannya.Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genusphoenix. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).
Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran sirup gula dan madu. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh.Kurma telah menjadi makanan pokok di TimurTengah selama ribuan tahun lamanya.Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir,kemungkinan pada awal 4000 SM. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosafruktosa dan sukrosa.Kurma memiliki jenis ruthab (kurma basah), tamr (kurma kering yang sudah merah kehitaman, Kurma matang dibagi menjadi empat golongan, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaan Arab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).
Kegunaan pohon kurma:
§  Biji kurma direndam untuk dijadikan pakan ternak
§  Minyaknya digunakan dalam bentuk sabun dan kosmetik.
§  Benih-benihnya juga dibakar untuk membuat arang oleh pandai perak dan dapat dirangkai menjadi kalung.
§  Biji kurma juga digunakan pada olahan biji kopi atau sebagai bahan tambahan untuk kopi.
§  Tandan buah dapat digunakan sebagai sapu.digunakan sebagai pelapis untuk tas kulit dan pipa untuk mencegah kebocoran.
§  Getah pohon kurma dapat digunakan untuk membuat sirup
§  Daun dewasa juga dibuat menjadi tikar, layar, keranjang dan kipas.
§  Tangkai daun kering yang merupakan sumber ampas selulosa dapat dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar.
§  Pelepah daun yang berharga mengeluarkan aroma serta seratnya juga bisa digunakan sebagai tali, kain kasar, dan topi besar.
§  Kayu kayu pohon kurma digunakan untuk tiang dan atap pondok
Kandungan nutrisi kurma : Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat.  Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik.  Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.
Khasiat buah kurma
1.       Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menekan penyakit jantung.
2.       Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus.menghilangkan kanker usus besar.
3.       Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
4.       Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
5.       sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata,menjaga kulit tetap sehat, melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
6.       Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik.
7.       Kalium dalam kurma membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
8.       Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
9.       Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
10.    Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
11.    Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
12.    Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang

Sangat banyak bukan khasiat,manfaat dan kegunaan buah istimewa ini,semoga bisa bermanfaat !!! ^_^
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar